-->

Pulau Pisang, Surga Menawan di Pesisir Barat Lampung

Pulau Pisang merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Pesisir Barat yang cukup dikenal masyarakat luas karena keindahannya. Pulau Pisang Lampung terletak di bagian paling barat Provinsi Lampung yang langsung menghadap Samudera Hindia.
Pulau Pisang
Foto: @putri.lailawati
Pulau Pisang Lampung memiliki luas 2.310 hektar ini menyuguhkan keindahan putih yang menakjubkan. Dengan pasir pantai yang putih dan bersih, Pulau Pisang akan membuat kamu betah dan nyaman untuk berlama-lama menikmati pemandangan laut yang luas diiringi hembusan angin khas pantai.

Selain keindahan pantai yang mempesona, di Pulau Pisang Krui juga terdapat beberapa spot yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya adalah Dermaga. Spot ini tidak akan kamu temui di daerah lain, karena dermaga di Pulau Pisang hanya tinggal sisa-sisanya saja seperti tiang-tiang beton sisa dermaga yang masih kokoh walaupun terus menerus diterjang ombak. 
Dermaga Pulau Pisang
Foto: @holidaylampung
Nah, ada hal seru yang bisa kamu lakukan di sisa-sisa bangunan dermaga. Selain mengabadikan momen dengan berfoto, kamu juga bisa langsung melompat dari dermaga langsung ke laut. Tentunya akan menjadi pengalaman yang seru bisa melakukan ini. Untuk kamu yang tidak bisa berenang, kami sarankan tidak melakukan hal ini ya, karena ombak di Pulau Pisang Lampung ini cukup ganas.

Selanjutnya, di Pulau Pisang ini juga kamu bisa melakukan banyak aktivitas. Selain bermain pasir pantai dan berenang, kamu juga bisa bermain Surfing. Dengan ombak yang cukup besar, disini sangat cocok untuk bermain Surfing.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas memancing. Sebab, di Pantai Pulau Pisang ini terdapat beraneka ragam ikan. Tentunya menjadi pengalaman yang seru bisa memancing di Pulau Pisang Lampung.
Pulau Pisang Lampung
Foto: @adien_rohyanudin
Oh iya, untuk kamu yang ingin melihat lumba-lumba, dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu ke tengah-tengah antara Pulau Pisang dan Dermaga Tebakak. Disana kamu akan menemui gerombolan lumba-lumba yang melompat-lompat di air.

Bisanya, lumba-lumba ini sering muncul pada periode Bulan Juni hingga Bulan Juli. Pastikan jadwalnya ya jika ingin bertemu lumba-lumba.

Baca Juga: Pantai Tanjung Setia, Destinasi Surfing Kelas Dunia

Satu lagi aktivitas yang tak kalah seru di Pulau Pisang Lampung adalah Diving dan Snorkeling. Pulau Pisang memang sudah cukup dikenal luas memiliki pemandangan yang menakjubkan di bawah laut. Ini juga didukung dengan jernihnya air laut yang ada di sekitar Pulau Pisang yang menambah nilai plus untuk Pulau Pisang Krui Pesisir Barat.

Lokasi Pulau Pisang Lampung

Pulau Pisang berlokasi di Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Jaraknya lumayan jauh dari Kota Bandar Lampung karena membututuhkan waktu kurang lebih 7 - 8 jam perjalanan. Tapi, semua pengorbanan itu akan terbayar lunas setelah kamu merasakan keindahan Pulau Pisang Lampung.

Terdapat dua rute perjalanan menuju Pulau Pisang Krui. Rute pertama yaitu dari Kota Bandar Lampung menuju Kota Agung Tanggamus, lalu dilanjutkan menuju Krui Pesisir Barat.

Rute kedua dimulai dari Kota Bandar Lampung menuju jalan lintas ke arah Kotabumi Lampung Utara, Kota Liwa Lampung Barat, dan sampai ke Krui Pesisir Barat.
Pulau Pisang Pesisir Barat
Foto: @dedenangga_
Setelah sampai di Krui, kamu bisa melanjutkan perjalanan naik kapal dari Dermaga Krui menuju Pulau Pisang. Perjalanan ini dapat ditempuh sekitar 40 - 50 menit. Tenang aja, di sepanjang perjalanan kamu gak akan bosan, karena kamu bisa melihat keindahan alami dari birunya air laut.

Trip ke Pulau Pisang Lampung

Untuk kamu yang ingin Trip ke Pulau Pisang Lampung, berikut ini kami berikan sedikit gambaran mengenai biaya yang dibutuhkan dari Kota Bandar Lampung.

  • Dimulai dari Bandar Lampung menuju Krui = Rp 50.000 (Naik Bus), dan Rp 100.000 (Naik Travel)
  • Lalu naik Ojek dari Krui menuju Dermaga Tebakak = Rp 30.000
  • Naik kapal dari Dermaga Tebakak menuju Pulau Pisang Lampung = Rp 15.000 - 20.000 (Trip Normal), dan Rp 500.000 (Menyewa perahu pulang dan pergi).
  • Penginapan di Pulau Pisang = Rp 100.000 - 150.000 (Menginap di rumah warga), dan Rp 250.000 - 350.000 (Homestay).
  • Sewa motor Rp 50.000/hari

Nah, itulah gambaran biaya Trip di Pulau Pisang Lampung. Harga dapat berubah sewaktu-waktu, namun kenaikan tidak akan terlalu tinggi.

Penginapan di Pulau Pisang

Untuk kamu yang berencana Trip ke Pulau Pisang dan hendak menginap disana, maka tidak perlu kuatir. Di Pulau Pisang terdapat beberapa penginapan yang tersedia, jika kamu ingin berhemat bisa menyewa rumah warga untuk menginap selama di Pulau Pisang dengan biaya berkisar Rp 100.000 - 150.000.
Pulau Pisang Krui
Foto: @donkingki
Namun, jika kamu ingin mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, kamu bisa menyewa homestay yang tersedia di Pulau Pisang dengan biaya berkisar dari Rp 250.000 - 350.000.

Baca Juga: Pantai Labuhan Jukung, Pantai Eksotis di Kabupaten Pesisir Barat

Oh iya, untuk perjalanan ke Pulau Pisang harus diingat juga bahwa trip kapal di pelabuhan hanya mempunyai 2 jadwal keberangkatan setiap hari yaitu pada jam 08.00 dan 14.00, dan juga menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan ombak.

Buat kamu yang datang terlambat atau sudah malam. Kamu bisa menginap di beberapa hotel yang tersebar dibeberapa titik di Krui. Beberapa Hotel Krui antara lain sebagai berikut:

  • Hote Sempana Lima, Jalan Kesuma No. 708, Pasar Krui.
  • Hotel Monalisa Stabas, Jalan Kesuma Raya No. 13, Krui.
  • Hotel Penginapan Syariah, Jalan Merdeka, No. 2, Pasar Krui.
  • Hotel Krui Mulia, Pasar Krui.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang Pulau Pisang Lampung. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membuat kamu semakin ingin mengunjungi Pulau Pisang. Sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel