-->

Lampung Astronomical Observatory: Pusat Astronomi Terbesar di Asia!

Lampung Astronomical Observatory (LAO) merupakan pusat Astronomi terbesar di Asia yang sedang dalam proses pembangunan oleh Pemerintah Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan ITERA (Institut Teknologi Sumatera )dan ITB (Institut Teknologi Bandung)
Lampung Astronomical Observatory
Foto: @bappeda_lampung
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan bahwa Lampung Astronomical Observatory (LAO) ini adalah pusat astronomi terpadu terbesar di kawasan Asia dengan teknologi yang canggih.

Pembangunan Lampung Astronomical Observatory (LAO) dilakukan untuk menggantikan Observatorium Bosscha yang umurnya sudah tua dengan teknologi yang kurang memadai. Perlu diketahui juga, Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat.
Observatorium Lampung
Foto: @mrf_info
Peletakan batu pertama atau Groundbreaking pembanguan Lampung Astronomical Observatory (LAO) terbesar di Asia dilakuakan di Gedung Information Center, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rahman, Bandar Lam[ung pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tahun 2018 Triwulan I Capai 5,16 Persen

Groundbreaking Lampung Astronomical Observatory (LAO) tersebut disaksikan oleh Osamu Hashimoto dari Gunma Astronomical Observatory Japan dan sejumlah utusan dari South East Asia Astronomical Network (SEEAN).
OBSERVATORIUM TEROPONG BINTANG LAMPUNG
Foto: @mrf_info
Lampung Astronomical Observatory (LAO) yang ditargetkan selesai Juni 2019 ini akan dibangun di atas lahan seluas 30 hektae yang beada sekitar 1.300 meter dari permukaan laut (mdpl). Selain sebagai sarana pendidikan masyarakat, penelitian, dan pendukung observatorium Kupan dan Bosscha, Observatorium ini juga difungsikan sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Lampung dan luar Lampung.

Sumber: Bappeda Provinsi Lampung

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel