-->

Pesona Keindahan Bendungan Batu Tegi Lampung

Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia loh. Bahkan, dari beberapa sumber yang kami baca mengatakan Bendungan Batu Tegi Lampung ini merupakan bendungan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Bendungan Batu Tegi mulai dibangun sejak tahun 1995 dan diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden Indonesia Megawati Soekarno Putri. Untuk Kedalaman Bendungan Batu Tegi belum ada pernyataan yang pasti. Namun, Bendungan ini memiliki luas 3.560 hektar dan memiliki kapasitas untuk menampung debit air sebanyak 9 juta kubik. Lalu, PLTA yang berada di bendungan ini mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas 125,2 giga watt per tahun.
Bendungan Batu Tegi
Foto: @allfisahrin
Dalam sejarah proses pembangunannya, terdapat berbagai cerita yang menyelimutinya, termasuk insiden yang menyebabkan 13 korban jiwa. Cerita ini terjadi di area Terowongan Bendungan Batu Tegi Tanggamus, yaitu para pekerja yang kala itu sedang mengerjakan terowongan pembuangan air. Namun, mereka semua tertimpa oleh alat berat yang digunakan untuk mengecor semen seberat puluhan ton. Konstruksi Terowongan Bendungan Batu Tegi itu memiliki diameter puluhan meter dan panjang hingga ratusan meter.

Sebanyak 13 orang meninggal dunia. Untuk mengenang jasa para pekerja itu, dibangunlah monumen di areal Bendungan Batu Tegi dan nama-nama para pekerja itu ditulis di monumen tersebut.

Lokasi Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi terletak di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Tidak terlalu jauh kok dari pusat Kota Bandar Lampung, karena dapat ditempuh dengan memakan waktu 2,5 jam - 3 jam perjalanan.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Air Terjun Way Lalaan

Untuk kamu yang menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Dari Bandar Lampung melalui jalan lintas barat menuju Talang Padang, Tanggamus. Sebelum pasar Talang Padang ada informasi petunjuk jalan menuju Bendungan Batu Tegi. Lalu belok kanan dan ikuti petunjuk jalan tersebut. 
Bendungan Batu Tegi Lampung
Foto: @prasetya_aditama
Jika kamu ragu, jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar ya. Diperkirakan dari Jalan Lintas menuju Bendungan Batu Tegi ditempuh dengan 30 menit. Tenang aja, jalan menuju Bendungan Batu Tegi sudah aspal dan ramai kok. Jadi kamu tidak perlu takut.

Harga Tiket Masuk Bendungan Batu Tegi

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Bendungan Batu Tegi, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000/ orang dan membayar parkir jika kamu membawa kendaraan. Lalu, setelah membayar tiket masuk kamu bisa menikmati keindahan Bendungan Batu Tegi Tanggamus itu.
Bendungan Batu Tegi Tanggamus
Foto: @isun26
Oh iya, Bendungan Batu Tegi memiliki dua area utama yang paling sering dikunjungi. Area pertama merupakan bagian didalam bendungan. Lalu, area kedua adalah dermaga.

Namun, untuk yang ingin memasuki bagian didalam bendungan, kamu harus meminta izin terlebih dahulu ya kepada petugas penjaga pintu. Disini kamu bisa menikmati keindahan Bendungan Batu Tegi, bukit-bukit yang mengitari bendungan, dan bisa melihat sekaligus berfoto ditulisan Bendungan Batu Tegi yang terdapat di bukit.

Baca Juga: Kebun Raya Liwa, Kebun Raya Pertama di Lampung

Ada juga warga sekitar yang menyiapkan fasilitas untuk berkeliling bendungan dengan menggunakan perahu pribadi.

Fungsi Bendungan Batu Tegi

Seperti yang telah kami tulis di atas, Bendungan Batu Tegi dimanfaatkan untuk menampung air hujan dan untuk membantu pengairan sawah masyarakat. Selain itu, Bendungan Batu Tegi dimanfaatkan juga sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang memiliki kapasitas yang cukup besar.
Gambar Bendungan Batu Tegi
Foto: @wulan_derlyn
Selanjutnya, fungsi lain dari Bendungan Batu Tegi Lampung adalah sebagai tempat wisata unggulan di Kabupaten Tanggamus. Belakangan ini, pihak terkait tengah gencar mempromosikan Bendungan Batu Tegi agar lebih dikenal masyarakat luas.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga potensi besar dari Bendungan Batu Tegi bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua lapisan masyarakat. Sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel