-->

Arti Lambang Provinsi Lampung yang Wajib Kamu Tau

Dalam kesempatan ini, kami ingin berbagi informasi tentang Arti Lambang Provinsi Lampung. Jika dilihat secara keseluruhan, Logo/ Lambang Provinsi Lampung itu memiliki 10 bagian besar seperti Perisai Bersegi Lima, Pita, Aksara Lampung, Daun dan Buah Lada, Setangkai Padi, Laduk, Payam, Gong, Siger Lampung, Payung yang dipakai dalam logo tersebut.
Logo Lampung
Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan secara mendetail mengenai Arti Lambang Provinsi Lampung tersebut. Selamat membaca.


Arti Lambang Provinsi Lampung

1. Perisai

1. Dasar Lambang Bersegi Lima
Kesanggupan mempertahankan cita-cita dan membina pembangunan rumah tangga yang didiami oleh dua unsur golongan masyarakat untuk mencapai masyarakat makmur dan adil berdasarkan pancasila.

2. Warna Dasar Perisai
a. Hijau, melambangkan daerah dataran tinggi yang subur untuk tanaman musim.
b. Coklat, melambangkan daerah dataran rendah yang subur untuk sawah dan ladang.
c. Biru, melambangkan kekayaan sungai dan lautan yang merupakan sumber perikanan dan kehidupan para nelayan.

3. Warna Tepi Perisai
Kuning Emas, melambangkan tanda kebesaran cita-cita masyarakat Lampung untuk membangun daerah dan negaranya.


2. Pita Sang Bumi Ruwa Jurai

1. Bentuk Pita
Dilihat dari bawah merupakan pintu gerbang masuk ke daerah Lampung yang subur dan makmur. Lalu jika dilihat dari atas merupakan wadah pembangunan yang berintikan pertanian lada dan padi oleh masyarakat yang kaya budaya.

2. Warna Putih
Warna putih jernih melambangkan kesucian dan keikhlasan hati masyarakat. Lalu, warna pita putih melambangkan suatu harapan kain putih yang biasa dipakai masyarakat adat untuk menyambut para tamu terhormat.

3. Arti Tulisan
a. Sang Bumi yang artinya Rumah tangga agung yang luas berbilik-bilik
b. Ruwa Jurai yang artinya Dua unsur golongan masyarakat yang berdiam di Provinsi Lampung. Baik itu Masyarakat Lampung yang berdialek A dan O, dan Masyarakat Lampung Asli dan Pendatang.


3. Aksara Lampung

1. Bunyi Aksara: Lampung
2. Asal Kata: Berasal dari kata TOLANG P'OHWANG (Tulang Bawang), nama negara yang pernah ada di daerah ini semasa Dinasti Han. Kata-kata itu merupakan rangkau kata To (Orang) dan LANG P'OHWANG (Lampung).

Baca Juga: Aksara Lampung Lengkap


4. Daun dan Buah Lada

Daun Lada terdapat 17 Buah dan buah lada terdapat 8 buah. Lada merupakan produk utama penduduk asli sejak dahulu, sehingga Lampung dikenal bangsa asia dan barat. Bahkan sampai dibuatkan Lagu Tanoh Lado, sebuah lagu dari daerah Lampung yang menceritakan bahwa Lampung dikenal akan buah lada-nya.

Lalu Biji Lada terdapat 64 buah itu menunjukkan bahwa terbentuk Dati 1 Lampung pada tahun 1964.


5. Setangkai Padi

Terdapat 45 buah padi. Padi merupakan produksi utama penduduk migrasi, sehingga terjadilah kehidupan bersama yang saling mengisi antara dua unsur golongan masyarakat sehingga terwujudnya Negara Kesaruan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.


6. Laduk

Laduk merupakan golok masyarakat serbaguna. Dapat digunakan untuk pertanian, alat rumah tangga dan bisa juga digunakan untuk membela diri.


7. Payan

Payan merupakan Tumbak pusaka tradisional dan merupakan lambang ksatria dan bisa dipakai untuk mempertahankan kehormatan keluarga serta negara dari ancaman musuh.


8. Gung/ Gong

Berwarna kuning tua yang melambangkan keagungan seni budaya asli. Fungsinya sebagai alat seni budaya (tabuhan), sebagai tanda pemberitahuan karya besar dimulai, dan sebagai alat perhimpunan masyarakat untuk musyawarah.


9. Siger Lampung

Siger merupakan mahkota yang melambangkan adat budaya dan tingkat kehidupan terhormat.

Baca Juga: Siger Lampung Beserta Ragam Jenis dan Maknanya


10. Payung

Jari payung terdapat 17, bagian ruas tepi 8, garis batas ruang 19, dan rumbai payung 45. Artinya Payung Agung yang melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17-08-1945. Sebagai Payung Jurai juga melambangkan Provinsi Lampung tempat semua jurai berlindung. Tiang dan bulatan puncak payung menandakan satu cita membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Ridho Tuhan Yang Maha Esa.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang Arti Lambang Provinsi Lampung. Semoga arti dari lambang atau logo Provinsi Lampung itu bukan hanya sebagai hiasan semata, tapi benar-benar bisa diaplikasikan dalam kehidupan guna Lampung yang lebih baik lagi. Sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel