-->

Menara Siger Lampung: Ikon Lampung dan Titik Nol Pulau Sumatera

Tak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, berdiri kokoh sebuah bangunan megah yaitu Menara Siger Lampung yang menjadi landmark Provinsi Lampung sekaligus menjadi titik nol Pulau Sumatera bagian selatan.
Menara Siger Lampung
Foto: ahlikopilampung,com
Menara Siger Lampung yang berdiri kokoh di atas 110 meter di atas permukaan air laut ini memiliki bentuk yang unik dengan sembilan kerucut dengan warna kuning keemasan. Bentuk bangunan Menara Siger ini mengadaptasi dari mahkota pengantin wanita (siger) dalam adat Lampung.


Sejarah Menara Siger Lampung

Menara Siger
Foto: tipsjalan,com
Menara Siger Lampung mulai dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada 30 April 2008 oleh Gubernur Lampung Sjahroedin Z.P. Selain sebagai kebanggan masyakat Lampung, Menara Siger juga bisa difungsikan sebagai sarana pariwisata, keagamaan, seni budaya, dan pendidikan.

Bangunan Menara Siger Lampung ini merupakan karya arsitek asli Lampung, Ir. Hi. Anshori Djausal M.T. Konstruksi bangunan dibuat dengan teknik khusus yaitu Teknik Ferrocement yaitu sistem konstruksi dengan rangka mirip laba-laba yang kokoh. Sedangkan pada lambang siger dan sebagian ornamen tidak dikerjakan dengan cor-coran, akan tetapi setiap bagian dikerjakan dengan tangan sehingga setiap inci bangunan tahan guncangan dan terpaan angin laut.

Dibangun sejak tahun 2005, Menara Siger Lampung telah menghabiskan biaya Rp.15 milyar. Harga yang pantas untuk sebuah landmark yang menyimbolkan masyarakat Lampung.

Menara Siger Lampung bukan hanya bentuk fisik, namun sebuah cerminan dari budaya masyarakat serta identitas masyarakat Lampung yang memiliki filosofi berpikir dan bertindak dengan visi misi untuk mewujudkan Provinsi Lampung yang unggul dan berdaya saing. Terlebih, lokasinya yang strategis sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera harusnya bisa dimanfaatkan demi Lampung yang lebih baik lagi.


Tiket Masuk Menara Siger Lampung

Untuk kamu yang ingin berkunjung kesini, diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Tenang aja, tiket masuk menara siger ini cukup murah kok.

Untuk kamu yang menggunakan sepeda motor dikenai biaya Rp.15.000 dan Rp.20.000 untuk mobil. Sedangkan masuk ke bangunan Menara Siger dikenai biaya Rp.10.000. Bagaimana? Cukup murah bukan harga tiket masuk menara siger ini? ^_^


Lokasi Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung beralamat di Jalan Lintas Sumatera, Bakauheni, Lampung Selatan. Lebih tepatnya berada di Bukit Gamping. Seperti disinggung di atas, karena lokasinya berada di ketinggian, jadi memudahkan kamu yang ingin mengunjungi wisata Menara Siger Lampung ini.

Bahkan jika kamu sedang bepergian menggunakan moda transportasi laut di Pelabuhan Bakauheni Lampung. Kamu bisa melihat Menara Siger Lampung ini berdiri kokoh.

Untuk memudahkan kamu mencari lokasi Menara Siger Lampung. Silahkan lihat peta via google maps di bawah ini.




Fasilitas Menara Siger Lampung

Ketika kamu mengunjungi wisara Menara Siger Lampung ini, hal pertama yang wajib kamu nikmati adalah pemandangan yang indah dengan view Pelabuhan Bakauheni, pemandangan laut, dan bukit-bukit serta daerah sekitar lainnya.

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan tersebut adalah menjelang matahari terbit. Jika sedang cuaca cerah, kamu akan melihat pemandangan sunrise dari bagian timur menara. Tentunya, pemandangan indah ini wajib kamu dokumentasikan.
Tiket Masuk Menatra Siger Lampung
Foto: jejakpiknik,com
Lalu dibagian dalam Menara Siger Lampung terdapat data mencakup letak geografis, demografi, dan kekayaan sumber daya alam Provinsi Lampung. 

Ketika akan memasuki bagian utama Menara Siger Lampung Selatan, terdapat gapura yang berbentuk mahkota dan berwarna merah. Pengunjung akan menaiki anak tangga untuk sampai ke bagian utama Menara Siger.

Keunikan Menara Siger Lampung ini sebuah karya seni yang penuh dengan konsep, filosofi, dan makna. Penataan ornamen dan hiasan juga memberikan warna tersendiri bagi para pengunjung. Sebuah mahakarya yang luar biasa!


Wisata Menara Siger Lampung
Foto: backpackerjakarta,com
Sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang Menara Siger Lampung. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca tulisan ini hingga akhir. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel