-->

Aksara Lampung Lengkap

Aksara Lampung adalah bentuk tulisan yang digunakan orang Lampung pada zaman dahulu sebagai alat komunikasi. Aksara Lampung memiliki kemiripan dengan Aksara Pallawa yang berasal dari daerah India Selatan yang diperkirakan masuk ke Pulau Sumatera semasa kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Jika melihat sejarahnya, Aksara Lampung ini dimulai sejak abad IX masehi para raja di Sekhala Bekhak menciptakan Aksara Lampung atau Had Lampung. Had Lampung dipengaruhi 2 untur yaitu Aksara Pallawa dan Huruf Arab.

Pembagian Aksara Lampung terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda, gugus konsonan. Selain itu terdapat juga lambang, angka, dan tanda baca aksara lampung.

Aksara Lampung telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Sebelumnya, Aksara Lampung jauh lebih rumit dan kompleks, sehingga dilakukan penyempurnaan seperti yang kita kenal sekarang.

Aksara Lampung yang diajarkan disekolah merupakan hasil akhir dari proses perubahan dan penyempurnaan hingga saat ini. Dari pengalaman dan pengamatan, sejak SD hingga SMA sudah mulai diajarkan mengenal Aksara Lampung yang dimasukkan dalam pelajaran Bahasa Lampung.

1. Huruf Induk Aksara Lampung

Huruf Induk dalam Aksara Lampung ini lebih dikenal dengan istilah KAGANGA. Hal ini dikarenakan awalan aksara ini dimulai dengan huruf KA, GA, dan NGA. Jadi, kebanyakan orang lebih mudah untuk mengingatnya.

Aksara Lampung ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan dengan huruf induk berjumlah 20 buah. Untuk melihat Aksara Lampung lengkap, kamu bisa melihat gambar di bawah ini.
Aksara Lampung
Aksara Lampung


2. Anak Huruf Aksara Lampung

Anak Huruf Aksara Lampung terbagi menjadi 3 bagian yaitu anak huruf terletak di atas huruf, anak huruf terletak di bawah huruf, dan anak huruf terletak di samping huruf.


Anak Huruf yang Terletak di Atas Huruf

1. Ulan

Ulan adalah anak huruf Aksara Lampung yang terletak di atas huruf dan berbentuk setengah lingkaran. Ulan sendiri memiliki 2 bunyi, yaitu (i) ketika ulan menghadap ke atas seperti huruf "U" dan berbunyi (e) ketika ulan menghadap ke bawah seperti huruf "n".


2. Bicek

Bicek merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di atas huruf dan berbentuk seperti huruf "I". Bicek memiliki fungsi yang sama dengan huruf (e).


3. Tekelubang

Tekelubang merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di atas dan berbentuk seperti fathah dalam Huruf Arab. Tekelubang memiliki bunyi seperti (ng).

Baca Juga: Rumah Adat Lampung, Rumah Tradisional Kebanggan Masyarakat Lampung


4. Datas

Datas merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di atas dan berbentuk fathain dalam Huruf Arab. Datas memiliki bunyi seperti (n).


5. Ketelubang/ Rejunjung

Ketelubang merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di atas dan memiliki bunyi seperti (r).
Anak Huruf Aksara Lampung
Anak Huruf Aksara Lampung yang terletak di atas huruf.


Anak Huruf yang Terletak di Bawah Huruf

1. Bitan

Bitan merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di bawah. Bitan sendiri memiliki 2 bunyi, yaitu (u) yang berbentuk kasrah dalam Huruf Arab dan berbunyi (o) ketika berbentuk seperti (I).


2. Tekelungau

Tekelungau merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di bawah dan berbentuk setengah lingkaran. Tekelungau memiliki bunyi (au).
Aksara Lampung dan Anak Huruf
Anak Huruf Aksara Lampung yang Terletak di Bawah Huruf


Anak Huruf yang Terletak di Samping Huruf

1. Tekelingai

Tekelingai merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di samping dan memiliki bunyi (ai).


2. Keleniah

Keleniah merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di samping dan memiliki bunyi (h).


3. Nengen

Nengen merupakan anak huruf Aksara Lampung yang terletak di samping dan berbentuk garis miring (I). Nengen memiliki fungsi mematikan huruf sebelah kirinya menjadi huruf mati.
Aksara Lampung dan Anak Hurufnya
Anak Huruf Aksara Lampung yang Terletak di Samping Huruf.


3. Tanda Baca Aksara Lampung

Selain memiliki anak huruf, Aksara Lampung juga memiliki tanda baca yang beragam. Dari tanda titik, koma, tanda tanya, tanda seru, dan lain sebagainya. Untuk selengkapnya melihat tanda baca Aksara Lampung. Silahkan melihat gambar di bawah ini.
Tanda Baca Aksara Lampung
Tanda Baca Aksara Lampung


4. Angka Aksara Lampung

Selain memiliki anak huruf dan tanda baca, Aksara Lampung yang kita kenal hingga sekarang ini memiliki juga angka. Untuk selengkapnya kamu bisa melihat angka Aksara lampung melalui gambar di bawah ini.
Angka Aksara Lampung
Angka Aksara Lampung
Pada zaman dahulu, Aksara Lampung digunakan untuk menulis surat, hukum, surat resmi untuk mengesahkan hak kepemilikan tanah, mantra, sihir, obat-obatan dan lain sebagainya. Lalu ada pula syair percintaan yang kita kenal dengan Bandung atau Hiwang.

Media penulisan biasanya menggunakan kayu, namun ada juga yang menggunakan bilah bambu, daun lontar, dalung (kepingan logam), kulit hewan, tanduk kerbau, dan batu. 

Sementera itu, penelitian ilmiah tentang Bahasa Lampung dan Aksara Lampung dipelopori oleh Prof. Dr. Herman Neubronner van der Took melalui artikel yang berjudul Een Vergelijkende Woordenlijst van Lampongsche Tongvallen dalam jurnal ilmiah Tijdschrift Bataviaasch Genootschap (TBG), serta artikel Het Lampongsch en Zijne Tongvalle dalam TBG, dan masih banyak penelian-penelitian ilmiah lainnya yang membahas tentang Aksara Lampung.

Baca Juga: Museum Lampung, Tempat Edukasi Terbaik di Lampung

Dalam perkembangannya, saat ini pengunaan Aksara Lampung tidak seperti penggunaan Bahasa Latin untuk kegiatan sehari-hari. Penggunaan Aksara Lampung hanya terlihat dalam nama jalan di Provinsi Lampung, logo provinsi, kabupaten, dan kota, dan gedung pemerintahan.

Namun, saat ini sudah tersedia aplikasi Aksara Lampung yang bisa diakses melaui smartphone kamu. Ada juga beberapa website yang menyediakan font Aksara Lampung, terjemahan Aksara Lampung, Translate Aksara Lampung, dan contoh kalimat Aksara Lampung . Tentunya dengan kemajuan teknologi akan memudahkan kita untuk lebih mengenal dan mempelajari Aksara Lampung.

Tidak semua daerah di Indonesia memiliki aksara sendiri. Oleh sebab itu, sebagai orang Lampung kita wajib bangga akan hal ini dan tetap berusaha menjaga eksistensinya agar tidak punah digerus zaman.

Okedeh. Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang Aksara Lampung. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih. Yuk jaga dan lestarikan!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel