-->

Pelajar Lampung Raih 8 Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018

Pelajar Lampung kembali mengharumkan nama Lampung di kancah nasional. Dalam kesempatan ini Pelajar Lampung mampu meraih 8 medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018. Untuk tahun ini, OSN 2018 dilaksanakan sejak tanggal 02 - 07 Juli 2018 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Untuk Juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 adalah Jakarta dengan 19 Medali Emas, 24 Medali Perunggu, dan 29 Medali Perunggu. Selanjutnya untuk peringkat kedua adalah Provinsi Jawa Timur dengan 13 Medali Emas, 28 Medali Perak, dan 26 Medali Perunggu. Lalu untuk peringkat ketiga adalah Provinsi Banteng dengan 11 Medali Emas, 14 Medali Perak, dan 11 Medali Perunggu. Selamat buat para pemenang yang sudah berjuang dalam menyukseskan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018.

Pelajar Lampung Raih Medali OSN 2018
Suasana pembukaan OSN Tahun 2018. Foto: @ditpsd
Dikutip dari website resmi Kemdikbud, OSN 2018 ini diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 1.433 orang. Seluruh peserta OSN terdiri dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menenangah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 34 provinsi di Indonesia.
Keseluruhan peserta OSN 2018 yang berjumlah 1.433 siswa itu terdiri dari tingkat SD/MI sebanyak 272 siswa, tingkat SMP/MTs sebanyak 396 siswa, dan tingkat SMA/ MA 765 siswa. Jadi, Total keseluruhan ada sebanyak 2.159 jika ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia daerah, dan panitia pusat. Wah! Rame banget ya?

Baca Juga: Kabupaten Pringsewu Raih Juara Nasional Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tahun 2018

Oh iya, peserta OSN 2018 akan berlomba dalam 11 bidang yaitu IPA, IPS, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Kebumian, Geografi, Astronomi, Informatika/ Komputer, dan Ekonomi.

Untuk jenjang SD, akan mengikuti perlombaan mata pelajaran IPA dan matematika. Untuk jenjang SMP akan mengikuti perlombaan Matematika, IPA, dan IPS. Lalu untuk jenjang SMA akan mengikuti perlombaan Matematika, Kimia, Fisika, Astronomi, Biologi, Ilmu Kebumian, Geografi, Informatika/ Komputer, dan Ekonomi. Peserta OSN 2018 akan berjuang untuk memperebutkan medali sebanyak 420. Dengan rincian yaitu 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

* * *
Atas prestasi yang diraihpara siswa pada OSN 2018 yang berlangsung sejak tanggal dua lalu itu, Marlinasari, S.Pd selaku Ketua Tim OSN SD/ SMP Provinsi Lampung mengucapkan terimakasih.

"Terimakasih keapada seluruh dewan guru, pembina, dan orangtua yang sudah mengikhtiarkan dan memantaskan penampilan anak-anak kita, Tim OSN Lampung."

Selain itu, menurut Kasubag Perencanaan Ebdi Fauzi, ST, MT menjelaskan bahwa Lampung juga memperoleh tambahan penghargaan lainnya, yaitu Penampilan Pakaian Termewah.

Baca Juga: Fakultas Pertanian Universita Lampung Raih Rekor MURI

Berikut ini Hasil Perolehan Medali Kontingen Lampung OSN 2018 SD, SMP, dan SMA di Kota Padang, Sumatera Barat.

TIM OSN 2018 Tingkat SD
1. IPA SD - Elbert Tristan Lie meraih Medali Emas dari SD Pelita Bandar Lampung.
2. Matematika SD - Adelin Fedora Cahyadi meraih Medali Perunggu dari SD Fransiskus 2 Rawalaut, Bandar Lampung,

Tim OSN 2018 Tingkat SMP 
1. IPA SMP - IPA M Falah Naufal Moelya meraih Medali Perunggu dari MTs 2 Bandar Lampung.
2. IPS SMP - Aldo Tori meraih Medali Perunggu dari SMP Banjar Agung Tulang Bawang.
3. IPS SMP - Abid Harjunanto meraih Medali Perak dari SMPN 2 Merbau Mataram Lampung Selatan.

Tim OSN 2018 Tingkat SMA
1. Kimia SMA - Hanif Almazidan meraih Medali Perunggu dari SMAN 1 Metro.
2. Astronomi SMA - Rizki Andeva meraih Medali Perunggu dari SMAN 2 Bandar Lampung.
3. Geografi SMA - Azzahra Lintang meraih Medali Perunggu dari SMA Alkautsar Bandar Lampung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel