-->

Kebun Raya Liwa, Kebun Raya Pertama di Lampung

Kebun Raya Liwa merupakan kebun raya pertama di Lampung. Kebun ini selain menjadi daerah tujuan wisata, juga menjadi pusat kegiatan konservasi alam, pusat penelitian, dan pendidikan.

Kebun Raya Liwa adalah tempat wisata yang memiliki panorama alam yang luar biasa, selain kecantikan tamannya yang didesain sedemikian rupa, juga karena alam sekitar yang begitu mempesona. Kondisi Kebun Raya Liwa ini benar-benar indah, nyaman, udara yang sangat sejuk dan panorama alam yang menakjubkan.

Kebun Raya Liwa Lampung Barat
Foto: @humaslambar

Selain itu, Kebun Raya Liwa ini juga memiliki banyak tempat-tempat yang unik, menarik dan kekinian. Pokoknya rekomendasi banget deh buat kamu yang hobi foto. Abadikan momen dengan orang terkasih di spot-spot kece Kebun Raya Liwa.

Lokasi Kebun Raya Liwa 

Kebun Raya Liwa terletak di Desa Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Liwa, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Alamat tersebut sudah tersedia di Peta Google, silahkan lihat peta lokasi di bawah ini.


Kebun Raya ini dibangun dalam waktu yang cukup lama loh. Master Plan sendiri sudah ada sejak tahun 2007. Peresmian Kebun Raya Liwa dilaksanakan pada 05 Desember 2017 yang dihadiri kepala Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Anggota DPR RI, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Lampung, Bupati Lampung Barat, Ketua DPRD Lampung Barat dan unsur forkompinda dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam hal pengelolaan, sejak tahun 2007, pengelolaan Kebun Raya Liwa diserahkan kepada Dinas Kehutanan sampai dengan tahun 2016. Namun, pada 03 Januari 2017, UPT Pengelolaan Kebun Raya Liwa diserahkan kepada Badan Litbang Kabupaten Lampung Barat.

Taman Hias Kebun Raya Liwa Lampung Barat
Foto: @angga_rae21
Kebun Raya Liwa memiliki luas lahan 86,7 ha dengan tema Tanaman Hias Indonesia.
Kebun Raya Liwa terletak pada ketinggian 800-900 m dpl dengan tapak bergelombang serta kemiringan lereng yang cukup terjal.

Saat ini telah memiliki area tanaman yang di tanam di areal Vak I, Vak II, Vak III, Vak IV, Vak V dan Vak VI. Selanjutnya, Kebun Raya LIwa juga memiliki taman seperti Taman Araceae, Taman Obat Mini, Taman Rumput Bali dan Taman Hias. Disini juga terdapat koleksi anggrek dan pembibitan yang ada di dalam Rumah Paranet.

Taman Buah Kebun Raya Liwa
Foto: @yogiastrayuda

Jadi, tunggu apa lagi, yuk mulai siapkan rencana untuk mengunjungi Kebun Raya Liwa. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel