-->

Kain Tapis Lampung dan Berbagai Jenis-jenisnya

Kain Tapis Lampung adalah pakaian wanita suku Lampung berbentuk kain sarung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistim sulam.


Jadi, Kain Tapis Lampung merupakan hasil tenun benang kapas dengan motif, benang emas atau benang perak dan menjadi pakaian khas Lampung. Jenis tenun ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung dan terbuat dari benang kapas dengan motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak. Konon, Kain Tapis Lampung ini juga merupakan salah satu manifestasi orang Lampung dalam upaya menyelaraskan kehidupan baik pada lingkungan maupun sang pencipta alam semesta. 

Tapis Lampung termasuk kerajian tradisional Lampung karena peralatan yang digunakan dalam membuat kain dasar dan motif-motif hiasnya masih sederhana dan dikerjakan oleh pengrajin. Kerajinan ini dibuat oleh wanita, baik ibu rumah tangga maupun gadis-gadis. Pada mulanya dikerjakan hanya untuk mengisi waktu senggang dengan tujuan untuk memenuhi tuntutan adat istiadat yang dianggap sakral. Untuk membuat Kain Tapis tempo dulu bisa memakan waktu hingga satu tahun, ini bisa dimaklumi karena merupakan kerjaan sambilan.


Kain Tapis Lampung memang belum sepopuler Kain Songket atau Batik. Tetapi, kini pamor dan pesona salah satu jenis kerajinan tradisional Lampung ini mulai terangkat dan mulai dikenal. Semoga Tapis Lampung bisa terus eksis dan lebih dikenal lagi, baik di dalam maupun luar negeri.

Macam-macam Tapis Lampung

Kain Tapis Lampung kaya akan ragam dan motif. Seperti Kain Batik, Kain Tapis juga mempunyai berbagai jenis diantaranya  yaitu Abung Siwo Mego, Tulang Bawang Mego Pak, Pubian Telusuku, Pesisir dan Sungkai Way Kanan.

Tapis Abung Siwo Mego mempunyai 16 macam jenis yaitu: Tapis Rajo Tulak, Laut Handak, Laut Silung, Laut Linau, Jung Syarat, Balak, Pucuk Rebung, Cucuk Pinggir, Cucuk Semako, Cucuk Andak, Rajo Medal, Areng, Nyilem di Laut Timbul di Gunung, Rajo di Hawak dan Tapis Gajah Merem.

Tapis Tulang Bawang Mego Pak juga cukup bervariasi jenisnya antara lain: Tapis Dewa Sano, Limar Sekebar, Ratu Tulang Bawang, Sasap, Kibang, Kilap, Turki, Bintang Perak, Balak, Kacamata Dilem dan Tapis Limau Tunggal.

Tapis Pubian Telusuku juga memiliki beberapa jenis antara lain: Jung Sarat, Balak dan Linau. Tapis Pesisir antara lain terdiri dari Tapis Inuh, Cucuk Handak dan Tapis Semaka.

Tapis Lampung dari Sungkai Way Kanan juga memiliki banyak macam, yaitu Tapis Jung Sarat, Balak, Pucuk Rebung, Halom/ Gabo, Kaca, Kuning, Lawok Halom, Tuha, Raja Medal dan Tapis Lawok Silung.

Ternyata ada banyak ya macam-macam Tapis Lampung itu yang memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda-beda. Sekian dulu ulasan singkat tentang Kain Tapis Lampung. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi:
Buku "Piil Pesenggiri" Karya Christian Heru Cahyo Saputro yang diterbitkan tahun 2011. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel