-->

Ada Apa Aja Sih di Taman Purbakala Pugung Raharjo?

Taman Purbakala Pugung Raharjo atau biasa disebut Situs Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang berada di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi Lampung.

Taman Purbakala Pugung Raharjo berstatus sebagai cagar budaya yang menyimpan jejak perkembangan peradaban Indonesia dari Zaman Prasejarah, Hindu, Budha dan Islam.
Punden Berundak Taman Purbakala Pugung Raharjo
Punden Berundak. Source Instagram @nopriadysaputra

Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo

Sejarah lahirnya Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung ini bermula dari temuan benda-benda purbakala pada tahun 1957 yang ditemukan oleh para transmigran sewaktu menebang pohon. Salah satu penemuan awal adalah sebuah arca. Sebenarnya penelitian tentang tradisi megalitik di sumatera sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka. Namun temuan dari para transmigran ini tidak dikenal oleh peneliti.

Taman Purbakala Pugung Raharjo mulai melakukan penelitian awal pada tahun 1968 oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori. Pada tahun 1973 Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional bekerja sama dengan Pennsylvania Museum University untuk melakukan pencatatan dan dokumentasi Taman Purbakala Pugung Raharjo yang hasilnya dituangkan dalam Laporan Penelitian Sumatera. Penelitian dan penggalian itu berlangsung hingga tahun 1980 dan menghasilkan kesimpulan bahwa Situs Purbakala Pugung Raharjo memiliki luas 25 ha.

Ada Apa Aja Sih di Taman Purbakala Pugung Raharjo?

1. Rumah Informasi Taman Purbakala Pugung Raharjo

Sesuai dengan namanya, Rumah Informasi ini merupakan tempat pertama yang dituju untuk mendapatkan informasi tentang Taman Purbakala Pugung Raharjo. Disini kita bisa melihat penginggalan purbakala seperti gerabah, guci, patung arca dan tentunya informasi-informasi penting tentang situs purbakala ini.

2. Benteng Taman Purbakala Pugung Raharjo

Berupa 2 buah gundukan tanah disebelah barat dan timur. Panjang benteng sebelah barat diperkirakan 300 m dan sebelah timur 1200 m dengan gundukan tanahnya antara 2 m - 3,5 m serta parit dengan kedalam 3 - 5 m. Bentuk benteng tidak menyudut, akan tetapi melingkar. Adapun fungsi benteng ini diperkirakan sebagai tempat perlindungan dari binatang buas maupun serangan dari suku lain.
Benteng Pugung Raharjo
Source instagram @liansyahapri

3. Punden Berundak Taman Purbakala Pugung Raharjo

Punden Berundak Pugung Raharjo ini berupa gundukan tanah dan batu yang berundak-undak, terdiri atas punden berundak sebelah barat dan punden berundak sebelah timur. Punden berundak sebelah barat meliputi punden I, dengan dua undakan, punden II dengan tiga undakan, punden III dengan dua undakan dan punden IV berupa gundukan tanah setinggi 1 m.

Adapun punden berundak sebelah timur terdapat punden besar dan tiga undakan dan merupakan punden berundak terbesar yang dikelilingi parit kecil. Secara keseluruhan punden berundak memiliki total 13 punden. 

4. Batu Berlubang Taman Purbakala Pugung Raharjo

Batu berlubang Pugung Raharjo terbuat dari batu kali berwarna hitam abu-abu yang terdapat empat lubang dibagian permukaan batu yang datar. Fungsi batu lubang ini diperkirakan untuk melumat sesuatu yang perlu dihaluskan serta berkaitan dengan upacara kematian. 

5. Kompleks Batu Mayat Taman Purbakala Pugung Raharjo

Berupa sekelompok batu besar yang disusun dalam bentuk empat persegi dengan arah hadap timur dan barat. Di tengah kelompok besar itu terdapat batu yang disebut penduduk setempat sebagai Batu Mayat. Batu Mayat ini memiliki tinggi 205 cm, dan garis tengah 40 cm.
Batu Mayat Pugung Raharjo
Source Instragram @taman_purbakala

6. Kolam Megalitik Taman Purbakala Pugung Raharjo

Kolam pemandian yang mengandung benda-benda megalitik dan sudah dapat dipastikan bahwa kolam pemandian ini telah digunakan sejak masa prasejarah. Kolam Megalitik ini terdapat dibagian timur, tepatnya disebelah barat punden paling timur atau biasa disebut Punden Arca.
Kolam Megalitik Pugung Raharjo
Source instagram @taman_purbakala

7. Dolmen Taman Purbakala Pugung Raharjo

Dolmen adalah semacam meja batu atau papan batu yang sering digunakan untuk tempat ritual seperti menaruh sesaji yang dipersembahkan untuk roh nenek moyang zaman dahulu.

Lokasi Taman Purbakala Pugung Raharjo

Bagi kamu yang penasaran dengan keindahan dan rahasia peradaban megalitikum Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur, lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung, karena hanya berjarak 46 km.

Selanjutnya jika kamu memulai perjalanan dari Kota Metro, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Sukadana, setelah itu langsung menuju lokasi Taman Purbakala Pugung Raharjo. Jalur ini juga tidak terlalu jauh, hanya berjarak 65 km saja.

Mungkin setelah menikmati keindahan Taman Purbakala Pugung Raharjo, kamu sudah cekup dekat dengan Taman Nasional Way Kambas. Mungkin ini bisa jadi tambahan destinasi kamu di Lampung Timur.

Tiket Masuk Taman Purbakala Pugung Raharjo

Harga tiket masuk Taman Purbakala Pugung Raharjo ini bisa dibilang sangat murah, karena hanya Rp. 2.000/orang. Dan jika kamu perlu pemandu untuk informasi Taman Purbakala ini hanya dikenai biaya Rp. 75.000 saja. Gimana? Cukup murah bukan?

* * *
Oh iya, sebelum kamu kesini, mungkin bisa juga mengunjungi Museum Lampung atau jika ingin berwisata di Bandar Lampung nan hits, kamu bisa mengunjungi Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung.

Nah, jadi setelah mengetahui informasi tentang Taman Purbakala Pugung Raharjo. Tunggu apalagi, ayo berkunjung kesini. :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel